Rambut Rontok Kala Haid dan Junub, Wajibkah Dikumpulkan Lalu Dicuci Sebelum Mandi?

Rambut Rontok Kala Haid dan Junub, Wajibkah Dikumpulkan Lalu Dicuci Sebelum Mandi?

BacaIntisari - Assalamu’alaikum wr wb. Pak ustadz, ketika istri saya sedang h4id ia tidak berani membuang rambut yang rontok, atau menghilangkan potongan kukunya sendiri. Dia beralasan kalau sebelum disucikan, rambut-rambut maupun kuku-kuku itu akan menuntutnya di hari kiamat.

Yang saya mau tanyakan apakah hal itu memang benar? Kemudian apakah  kalau  mandi ketika suci, rambut-rambut atau potongan kuku tersebut wajib dibasuh? atas jawabannya kami ucapkan terima kasih. (Nur Rohman Brebes)

Wa’alaikum salam  wa rahmatullah wa barakatuh.

Seorang wanita yang sedang menstruasi memang memiliki spesialisasi (kekhususan) yang tidak sama dengan kondisi normal (tidak h4id). Diantara hukum yang khusus baginya adalah diberi keringanan untuk tidak melakukan aktifitas maupun ibadah  wajib maupun  sunnat  ketika sedang tidak h4id seperti sholat, thawaf, membaca al-Qur’an dan lain sebagainya. Bahkan apabila ia masih tetap menajalankan ibadah-ibadah tersebut, maka hukumnya adalah  haram.


Pertanyaan yang saudara sampaikan juga sering kami jumpai di tengah-tengah masyarakat. Tanggapan diantara mereka pun beraneka ragam, ada yang berkomentar bahwa pendapat yang mengatakan bahwa rambut, kuku atau potongan tubuh ketika sedang h4id  apabila belum disucikan akan menuntut di hari kiamat  adalah mitos belaka dan ada pula yang mengikuti pendapat tersebut dengan alasan kehatia-hatian dalam beribadah.

Dalam kitab al-Iqna’ karya Muhammad bin Ahmad al-Khatib asy-Syarbini (w.977 H), kami menemukan sebuah rujukan seperti berikut ini:    

Artinya: Sebuah faidah; imam al-Ghazali berkata dalam kitab Ihya’ Ulumiddin: “Tidak sepantasnya bagi orang yang sedang junub (berhadas besar) untuk mencukur, memotong anggota tubuh, berhias, serta mengeluarkan darah dengan sengaja, karena anggota-anggota tubuh tersebut akan kembali nanti di akhirat dalam keadaan masih junub.

Jika melihat referensi diatas, maka anggapan yang mengatakan bahwa anggota-anggota tubuh akan menuntut kita di akhirat apabila belum disucikan dapat dibenarkan. Hal ini sebenarnya berlaku bagi orang yang sedang junub secara umum, bukan hanya wanita yang sedang mengalami h4id saja. Mungkin karena durasi yang cukup lama, sehingga kaum wanita terasa lebih berat untuk menjaga potongan-potongan anggota tubuh (kuku, rambut dsb) yang lepas dari tubuh mereka.  

Selanjutnya menanggapi pertanyaan saudara mengenai wajib tidaknya membasuh potongan-potongan anggota tubuh yang lepas tersebut,- dengan mengacu penjelasan di atas-, maka secara otomatis potongan-potongan anggota tubuh yang lepas ketika sedang junub wajib dibasuh atau disucikan saat mandi wajib. Apabila hal ini dilakukan, maka keragu-raguan yang muncul dengan masalah terkait akan kian menghilang.

Mudah-mudahan Allah menjadikan dan menganugerahi kita  semua termasuk orang-orang yakin, teliti serta hati-hati dalam peribadatan yang kita lakukan, dengan tidak dihinggapi rasa was-was.

Amin. Wallahu al-Muwaffiq ila aqwam at-Thariq.

Wassalamu’alakum wr. wb.


Sumber : Maftukhan/nu.or.id
Rambut Rontok Kala Haid dan Junub, Wajibkah Dikumpulkan Lalu Dicuci Sebelum Mandi?
4/ 5
Oleh

loading...