Buat Kamu yang Suka Traveling pakai Pesawat, Jangan Lagi Upload Foto Boarding Pass Kamu ke Sosial Media! Ini Alasannya!

Buat Kamu yang Suka Traveling pakai Pesawat, Jangan Lagi Upload Foto Boarding Pass Kamu ke Sosial Media! Ini Alasannya!


Pikir ulang sebelum kamu mengupload boarding pass pesawatmu ke sosial media, banyak hal tak terduga yang justru bisa membahayakan dirimu sendiri

Maraknya dunia sosial media saat ini membuat setiap orang berlomba untuk memposting sesuatu yang menurut mereka patut dibanggakan. Termasuk mengunggah foto boarding pass, dengan tujuan memperlihatkan ke teman-teman tentang perjalanan mereka mendatang

Namun tahukan kamu hal itu bisa membahayakan perjalanan yang telah direncanakan. Dilansir dari Bright Side, seorang spesialis keamanan udara bernama Steve Hui memutuskan untuk membagi informasinya tentang bahaya mengunggah boarding pass ke sosial media.

1. Boarding pass mengandung informasi jauh dari yang kamu pikirkan.

Bukan hanya menampilkan tentang dan di mana kamu akan terbang, tapi boarding pass juga memberikan akses ke beberapa informasi yang sangat rahasia. Informasi tersebut dapat mengubah atau membatalkan pemesanan kamu.

Ada beberapa informasi penting pada boarding pass yang harus kamu tahu, seperti nama, nomor tiket dan barcode. Dengan demikian jika kamu mengunggah foto boarding pass kamu, betapa mudah bukan seseorang untuk mengakses informasi perjalanan kamu?

2. Seseorang dapat dengan mudah untuk mengakses perjalanan kamu.


Gambar tersebut diunggah oleh penumpang Virgin Australia yang terbang di Delta Airlines. Delta menerbitkan sejumlah informasi yang menakjubkan, termasuk jumlah e-ticket atau pemesanan referensi, nomor frequent flyer, dan bahkan berapa banyak tas saat check-in.

Steve menguji seberapa rentan sistem itu dan menuju ke situs Delta. Di bawah “Manage My Booking”, untuk mengaksesnya dibutuhkan nama penumpang dan nomor e-ticket atau pemesanan referensi. Karena itu semua tercantum di boarding pass, sehingga Steve dapat dengan cepat login ke pemesanan dan melihat semua rincian penumpang.

Jika melihat lebih jauh Steve bisa melihat rincian lengkap tentang tarif dibayar, termasuk tanggal pembelian dan empat digit terakhir dari kartu kredit yang digunakan. Orang dengan pikiran jahat bisa menggunakan informasi yang berpotensi membatalkan atau mengubah penerbangan dan tempat duduk kamu atau menyebabkan masalah lain.

3. Ada yang lebih buruk lagi, yaitu barcode.

Sesuatu yang berbahaya lagi datang dari barcode yang ada di boarding pass kamu. Jika kamu lihat pada boarding pass di atas, meskipun orang tersebut sudah menutupi informasi yang penting tapi dia tidak sadar barcode-nya masih terlihat.

Barcode pada dasarnya berisi semua informasi tentang boarding pass, disimpan dalam format yang mudah dibaca. Kamu mungkin berpikir bahwa komputer bandara adalah satu-satunya perangkat yang dapat membaca ini, tetapi kenyataannya adalah orang dapat membaca barcode.

Tidak hanya mendapat rincian, hal ini juga bisa digunakan untuk tujuan pencurian identitas, dan kamu dapat menderita kerugian keuangan yang besar jika ada orang yang menggunakan metode ini untuk mengambil kendali dari akun frequent flyer.

4. Risiko pencurian identitas.

Berhati-hatilah bahwa risiko pencurian identitas sangat tinggi. Jika kamu masih berniat untuk mengunggah boarding pass, pastikan untuk menutupi atau mengaburkan informasi penting apapun. Ingat ini jauh lebih dari sekedar boarding pass.

Jika kamu ingin memperlihatkan perjalanan kamu kepada teman-teman, masih ada cara lain kok selain foto dengan boarding pass. Misalnya saja tunjukkan foto kamu ketika minum champagne di lounge atau pada saat on board. Jadi kamu harus lebih pintar dan berhati-hati ya!

**
Sumber:sebarin.today
Buat Kamu yang Suka Traveling pakai Pesawat, Jangan Lagi Upload Foto Boarding Pass Kamu ke Sosial Media! Ini Alasannya!
4/ 5
Oleh

loading...