Mengapa Dahak Bewarna Cokelat, Hijau, Merah, Kuning dan Apa Bahayanya? Kenali Arti dan Penyebab Warna Dahak dari Batuk Anda

Mengapa Dahak Bewarna Cokelat, Hijau, Merah, Kuning dan Apa Bahayanya? Kenali Arti dan Penyebab Warna Dahak dari Batuk Anda

BacaIntisari - Tersiksa karena Anda menderita batuk disertai dahak? Berikut dituliskan informasi arti dari warna dahak terkait kesehatan individu.

Dahak mengacu pada lendir mengental yang disekresikan oleh selaput lendir saluran pernapasan. Sebagian besar dari kita cenderung membingungkan istilah lendir dan dahak. Lendir adalah lapisan pelindung yang normal sekitar selaput lendir pernapasan, visual, pendengaran, dan saluran pencernaan, dan dasarnya terdiri dari glikoprotein dan air. Dahak adalah jenis khusus dari lendir yang dihasilkan di saluran pernapasan ketika terjadi adanya infeksi atau penyakit.

Istilah Dahak (Phlegm) ini berasal dari phlegma bahasa Yunani yang berarti peradangan. Seiring dengan elektrolit dan garam yang hadir dalam lendir, dahak juga mengandung bakteri, virus, kotoran, komponen darah dan sel-sel inflamasi yang mati yang dapat dihasilkan karena infeksi. Setelah dahak terakumulasi yang tidak diinginkan tubuh kemudian dikeluarkan dari saluran pernapasan melalui batuk.

Batuk berdahak juga disebut sebagai sputum. Dahak biasanya diproduksi dalam tabung bronkial, paru-paru, saluran tenggorokan dan bagian lain dari saluran pernapasan selain rongga hidung. Sekresi dalam rongga hidung disebut nasal mukus. Dahak dapat menjadi tanda infeksi seperti bronkitis, pneumonia, pilek atau flu, masalah sinus kronis, asma dan bahkan kanker paru-paru dalam situasi tertentu.


Berbagai jenis infeksi menghasilkan dahak berwarna berbeda. Warna dahak bisa membantu dalam mengidentifikasi sifat infeksi.

Apa Arti Warna dari Dahak?

Batuk Berdahak Bening
Dahak berwarna bening, keruh, atau berair umumnya dianggap seperti dahak biasa. Namun, dalam kasus tertentu seperti pilek yang disebabkan oleh infeksi virus, atau reaksi alergi dapat menyebabkan produksi berlebihan dari dahak yang bening. Hal ini dapat mengawali produksi lendir kuning atau lendir hijau, terutama pada tahap awal infeksi. Beberapa penyebab untuk produksi dahak yang bening meliputi :
  • Bronkitis kronis
  • Postnasal drip (lendir yang merembes dari saluran nasal)
  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)


Batuk Berdahak Putih atau Abu-abu
Dahak berwarna putih atau abu-abu dapat menunjukkan infeksi saluran pernapasan atas atau kemacetan sinus. Penyebab penting lainnya :
  • Virus atau bronkitis kronis
  • Asma
  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)
  • Radang tenggorokan
  • Alergi

Penting untuk dicatat bahwa mengkonsumsi susu atau produk susu tidak menyebabkan produksi lendir berwarna putih. Namun produk susu dapat membuat lendir menjadi kental dan sulit bagi tubuh untuk mengeluarkannya. Polusi udara dan merokok dapat menyebabkan produksi dahak berwarna abu-abu. Dahak putih berbusa dapat menjadi hasil dari edema atau obstruksi pada saluran pernapasan.

Batuk Berdahak Kuning Terang
Dahak berwarna kuning terang adalah tanda sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Ini menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh melawan infeksi virus dalam tubuh di awal atau akhir infeksi sinus. Infeksi, asma, atau alergi dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan. Hal ini pada gilirannya menyebabkan akumulasi sel-sel inflamasi dalam dahak yang berubah menjadi warna kuning muda. Dahak kuning terang merupakan tanda infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas. Berkali-kali menghirup udara kering dapat menyebabkan kondisi ini juga.

Batuk Berdahak Kuning Tua
Dahak berwarna kuning kental dan pekat adalah tanda pasti infeksi bakteri, infeksi sinus atau infeksi saluran pernapasan bawah. Infeksi saluran nafas bawah seperti bronkitis kronis atau hasil bakteri pneumonia dalam produksi dahak yang berwarna kuning tua. Jika seseorang mengembangkan nyeri pada dada, batuk, sesak napas disertai dengan dahak berwarna kuning pekat, maka harus mencari perhatian medis segera.

Batuk Berdahak Hijau
Dahak berwarna hijau sering diproduksi karena infeksi jangka panjang atau penyebab inflamasi non-infeksi. Warna dahak dapat dikaitkan dengan enzim yang disebut myeloperoxidases (MPO) yang disebabkan oleh kerusakan neutrofil dalam sel dan dikeluarkan oleh sel-sel darah putih. Jika disertai dengan gejala lain seperti batuk, kelelahan, mengi, kehadiran dahak hijau dapat menunjukkan bronkitis kronis. Penyebab medis lainnya :
  • Pneumonia
  • Fibrosis kistik
  • Abses paru

Jika disebabkan oleh infeksi maka dahak hijau akan bernanah atau disertai nanah. Jika hal itu disebabkan oleh penyebab inflamasi non-infeksi, maka jumlah besar lendir hadir dalam dahak.

Batuk Berdahak Cokelat
Dahak berwarna cokelat sering dikaitkan dengan orang-orang yang merokok. Anda dapat menemukan dahak bercampur dengan air liur Anda. Bila Anda batuk, Anda akan merasa dahak bertekstur kasar. Ini berarti bercampur dengan debu dan benda asing akibat kerusakan silia umumnya diamati pada pasien dengan PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Jika Anda merokok terlalu banyak, warna dahak akan berwarna cokelat karena resin atau tar menempel. Kurangi frekuensi merokok Anda jika Anda mengamati hal ini, karena dapat memperburuk masalah pernapasan yang mendasari. Juga, orang-orang yang telah menghirup banyak debu dan asap, mungkin mengalami batuk berdahak coklat. Ini juga mungkin merupakan tanda dari bronkitis kronis, terutama pada perokok berat.

Dalam kasus-kasus tertentu, orang mungkin batuk berdahak cokelat karena konsumsi hasil dari warna makanan tertentu hadir dalam cokelat, kopi, atau anggur merah. Refluks asam disebabkan oleh makanan ini dan dapat mengakibatkan Anda batuk berdahak cokelat.

Batuk Berdahak Merah Muda
Dahak berwarna merah muda merupakan indikasi kondisi serius seperti gagal jantung kronis. Jika muncul tiba-tiba bersama dengan kelelahan, kelemahan, denyut jantung tidak teratur, perut bengkak, pembengkakan kaki dan tangan, batuk terus-menerus dengan disertai lendir putih atau merah muda, itu bisa menunjukkan gagal jantung akut yang membutuhkan bantuan medis segera.

Jika dahak warnanya merah muda berbusa maka bisa menjadi sinyal edema paru yang ditandai dengan akumulasi cairan di ruang udara dari paru-paru. Trauma pada parenkim paru-paru atau kegagalan ventrikel kiri jantung dapat menyebabkan kondisi ini yang bahkan mungkin mengakibatkan serangan jantung dan gagal pernafasan.

Batuk Berdahak Darah
Jika Anda memiliki darah dalam dahak dikenal sebagai hemoptisis. Garis-garis darah di dahak adalah gejala bronkitis jinak. Namun, ketika Anda batuk ditemukan darah dalam jumlah banyak, itu mungkin tanda penyakit utama seperti tuberkulosis atau kanker paru-paru. Anda perlu mencari perhatian medis segera jika jumlah darah yang lebih dari biasanya. Penyebab lain darah dalam dahak adalah :
  • Emboli paru
  • Abses paru
  • Trauma
  • Gangguan perdarahan
  • Eosinofilia tropis


Batuk Dahak Berbusa
Ketika salah satu mengeluarkan berdahak berbusa, ini menunjukkan penyakit gastroesophageal reflux. Ini adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh asam lambung mencapai kerongkongan dan merusak tabung muskular. Hal ini juga bisa disebabkan oleh pneumonia dan edema paru. Dengan demikian, perhatian dokter diperlukan dalam semua kasus ini.

Jika Anda perlu untuk membersihkan tenggorokan Anda karena dahak yang berlebihan, dan Anda telah mengalami gejala lain, akan lebih baik untuk mengunjungi dokter Anda untuk diagnosis dan diberikan pengobatan. Analisis dahak, hitung darah lengkap, dan tes diagnostik lainnya dapat memberikan informasi yang dapat membantu dalam mendiagnosis penyebab. Ini juga akan membantu dokter dalam memahami jika seseorang menderita penyakit serius seperti kanker paru-paru atau TB. Untuk mengobati dahak perlu memahami penyebab untuk itu dan kemudian mengambil langkah-langkah pengobatan yang tepat. Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu dalam mengobati bukan hanya kondisi serius seperti infeksi paru-paru, tetapi juga mengekang kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh akumulasi dahak di dada, terutama pada anak-anak.

Disclaimer : Informasi yang disediakan dalam artikel Bramardianto.com ini adalah semata-mata untuk mendidik pembaca. Hal ini tidak dimaksudkan untuk menjadi pengganti nasihat dari seorang profesional medis.


sumber : bramardianto.com
Mengapa Dahak Bewarna Cokelat, Hijau, Merah, Kuning dan Apa Bahayanya? Kenali Arti dan Penyebab Warna Dahak dari Batuk Anda
4/ 5
Oleh

loading...