Saat Gus Dur Bikin Ngakak Raja Arab Saudi, Ternyata Ini Humor Yang Ia Lontarkan

Saat Gus Dur Bikin Ngakak Raja Arab Saudi, Ternyata Ini Humor Yang Ia Lontarkan

BacaIntisari - Selain pemikirannya yang membuat heboh seantero negeri. Mantan Presiden RI ke-4 KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur juga dikenal sebagai sosok yang suka berguyon.

Bahkan ternyata humor yang dibawakan Gus Dur pernah membuat ngakak Raja Arab Saudi. Menurut warga Arab, baru kali ini masyarakat melihat gigi Raja Arab tersebut karena tertawa terbahak-bahak.


Hal ini diceritakan istri Gus Dur Sinta Nuriyah Wahid seperti dikutip Radarislam.com dari laman Detik.com.

“Waktu itu ketika sudah pulang dari Arab, Bapak mendapat surat dari rakyat Arab. Isinya, yang mulia, apa yang mulia katakan sehingga semua rakyat Arab bisa melihat gigi Raja,” tuturnya

Menurut masyarakat Arab, selama ini Raja Arab tidak pernah tersenyum. Bahkan saat berbicara pun tidak terlihat giginya.

“Bapak mengatakan kepada Raja, yang mulia, rakyat Indonesia banyak pintar bahasa Arab. Tapi berbeda dengan bahasa Arab disini, tapi bahasa Arab kitab, bukan komunikasi sehari hari,” kata Sinta mengenang cerita Gus Dur.

Memang ada perbedaan bahasa kitab yang digunakan para santri di pesantren dengan bahasa Arab sehari hari. Sinta menceritakan lagi, suatu ketika jamaah haji Indonesia membaca tulisan mamnu’uddukhul pada sebuah ruangan. Tulisan itu berarti dilarang masuk.

Namun sang jamaah tersebut menafsirkannya berbeda. Mamnu’uddukhul menurut versi kitab fiqih yang artinya dilarang be253tubuh.

“Komentar orang Indonesia itu, orang Arab memang keterlaluan, masa melakukan hal seperti itu di tempat seperti ini. Jadi Raja Arab itu ketawa ngakak,” tandas Sinta.

Wah gaya komunikasi Gus Dur luar biasa ya! Sampai Raja Arab pun dibuat ngakak olehnya. [Radarislam/ Dt]
Saat Gus Dur Bikin Ngakak Raja Arab Saudi, Ternyata Ini Humor Yang Ia Lontarkan
4/ 5
Oleh

loading...