Gigi Bocah 8 Tahun Ini Tumbuh Aneh Menjadi Dua Barisan, Dokter Gigi Bilang: Ini Semua Salah Orangtuanya!

Gigi Bocah 8 Tahun Ini Tumbuh Aneh Menjadi Dua Barisan, Dokter Gigi Bilang: Ini Semua Salah Orangtuanya!

BacaIntisari - Seorang ibu asal Tiongkok belakangan ini sangat khawatir akan putra kecilnya, karena ada hal aneh yang terjadi pada pertumbuhan giginya.

Biasanya anak kecil sudah mulai ganti gigi saat menginjak usia 6 tahun, namun gigi putra ibu ini belum berubah sampai ia menginjak usia 8 tahun. Ketika sudah mulai menunjukan tanda pergantian gigi, giginya malah tumbuh menjadi dua baris!


Hal ini disebabkan karena gigi susunya belum bisa lepas, namun gigi tetapnya sudah tumbuh. Kondisi gigi bocah ini semakin tidak karuan, sampai akhirnya si ibu pun membawa putranya ke dokter gigi. Begitu melihat keadaan gigi seperti ini, si dokter pun mengatakan, "Kondisi seperti ini umum  terjadi pada anak- anak, namun semua ini disebabkan karena kelalaian orangtua!"
  
Dokter mengaku munculnya kondisi gigi 'dua baris' pada anak semakin lama semakin banyak. Dokter menyarankan, orangtua harus tahu masa- masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Ketika si anak sudah memasuki usia pergantian gigi, seharusnya orangtua memberi anak makan makanan yang lebih berserat, keras dan kasar, seperti kacang- kacangan. Hal ini dibutuhkan untuk membuat gigi susu 'goyang' dan bisa lepas tepat waktu.

Anak yang cenderung mengonsumsi makanan manis dan terlalu lembut, akan membuat si anak lebih jarang mengunyah sehingga gigi susu dapat tetap tumbuh kuat. Gigi susu yang tidak lepas dapat mengakibatkan pergeseran dan pertumbuhan gigi tetap pada tempat yang tidak seharusnya, dan jadilah pertumbuhan gigi 'dua baris'. Gigi yang tumbuh tidak normal seperti ini tentunya dapat menyebabkan bentuk rahang menjadi tidak simetris dan menurunkan fungsi gigi.
  
Waah, mulut dan gigi itu penting banget, lho… Para orangtua wajib perhatiin nih, yuk segera bagikan artikel penting ini kepada teman- teman dan kerabatmu!


sumber : cerpen.co.id
Gigi Bocah 8 Tahun Ini Tumbuh Aneh Menjadi Dua Barisan, Dokter Gigi Bilang: Ini Semua Salah Orangtuanya!
4/ 5
Oleh

loading...